Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pronouns, Apa itu Pronouns Dan Jenis Pronouns

Pronouns

Belajar Bahasa Inggris - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Apa kabar nih teman-teman pelajar semua? Semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wata'ala. Aamiin. Pada postingan kali ini akan membahas Pronouns. Jadi, apa itu Pronouns dan seperti apa fungsinya dalam kalimat bahasa Inggris, yuk langsung disimak pembahasan di bawah!

Apa Itu Pronouns?

Teman-teman pelajar sudah pernah dengar Pronouns? Mungkin untuk pelajar kelas 7 semester dua dan di atasnya sudah pernah mendengar Pronouns saat belajar bahasa Inggris di kelas. Yap, Pronouns adalah kata ganti. Kita langsung coba ke contoh teks pendek dalam bahasa Indonesia. Check it out!

"Sarah adalah seorang murid di SMP ternama di Jakarta. Sarah sangat rajin. Sarah mendapat kesempatan untuk mengikuti olimpiade sains Nasional mewakili sekolah tempat Sarah belajar. Sarah selalu berusaha yang terbaik untuk olimpiade sains yang dilaksanakan. Sarah berharap bahwa Sarah dapat memenangkan olimpiade sains yang dilaksanakan oleh pemerintah." 

Teman-teman pelajar perhatikan setiap kalimat pada teks pendek di atas. Apa kata yang paling sering mendapatkan pengulangan atau terlalu sering diulang. Yap, betul sekali kata "Sarah" terlalu banyak diulang bahkan hingga 7 kali. 

Pengulangan kata yang terlalu banyak pada sebuah teks membuat kalimat menjadi tidak efektif dan juga tidak mudah dibaca dan juga cenderung monoton. Pengulangan kata bisa diakali dengan mengganti kata tersebut menggunakan kata yang memiliki makna yang sama. Lalu, bagaimana jika kata yang diulang itu adalah nama orang, seperti contoh teks di atas? 

Nah, kalau kata yang diulang terus menerus adalah nama orang maka kita gunakan Pronouns. Yuk langsung lihat contohnya di bawah ini, bagaimana jika teks di atas kita perbaiki dengan menggunakan Pronouns. Check this out!

"Sarah adalah seorang murid di SMP ternama di Jakarta. Dia sangat rajin. Dia mendapat kesempatan untuk mengikuti olimpiade sains Nasional mewakili sekolahnya. Sarah selalu berusaha yang terbaik untuk memenangkan olimpiade sains yang dilaksanakan. Dia berharap bahwa dia dapat memenangkan olimpiade sains tersebut."

Sekarang, kata yang diawal mendapatkan pengulangan sebanyak 7 kali sudah berkurang menjadi hanya 2 kali. Dan teks pun menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami isinya. 

Lalu bagaimana jika dalam bahasa Inggris? Yuk langsung perhatikan table di bawah ini.  

Subjective Pronouns

Objective Pronouns

Possessive Adjectives

Possessive Pronouns

Reflexive Pronouns

I

Me

My

Mine

Myself

You

You

Your

Yours

Yourself / yourselves

We

Us

Our

Ours

Ourselves

They

Them

Their

Theirs

Themselves

He

Him

His

His

Himself

She

Her

Her

Hers

Herself

It

It

Its

-

Itself

 
pronouns

Subjective Pronouns

Seperti namanya, subjective pronouns ialah kata ganti yang menempati posisi subjek pada kalimat. Subjek pada kalimat ialah pelaku dalam sebuah kalimat. contohnya, 

"Sarah adalah seorang murid yang pintar. Dia mampu mengikuti setiap proses belajar dengan baik." 

dalam bahasa inggris menjadi, 

"Sarah is a diligent student. She studies well." 

Pada kalimat kedua, kata Sarah sudah tidak diperlukan lagi, kita bisa menggantinya dengan pronouns "She". Mengapa? karena kita sudah mengetahui siapa yang sedang akan diceritakan pada kalimat kedua, sedangkan kata "Sarah" diperlukan di awal kalimat untuk menjadi informasi awal siapa yang akan diceritakan pada kalimat selanjutnya. 

Objective Pronouns 

Untuk objective pronouns adalah lawan dari subjective pronouns, yakni menempati posisi objek dalam sebuah kalimat. contohnya, 

"Sarah mempelajari bahasa Inggris. Dia sangat baik dalam mempelajarinya." 

Perhatikan, objek pada kalimat pertama ialah "bahasa inggris" dan di kalimat kedua, kata "bahasa inggris" menghilang, namun kita tetap mendapatkan informasi yang jelas bahwa yang dipelajari dengan baik oleh Sarah adalah bahasa inggris. Jika dalam bahasa inggris maka akan seperti ini, 

"Sarah studies English. She studies it well."

Possessive Adjectives

Possessive adjective memiliki fungsing untuk menyatakan kepemilikan terhadap suatu benda dalam sebuah kalimat. Untuk menjelaskan kepemilikan sebuah benda dalam kalimat maka kita akan menggunakan possessive adjectives. contohnya, 

"Sarah memiliki sebuah pulpen. Pulpen Sarah berwarna merah."

dalam bahasa inggris maka akan jadi seperti ini,

"Sarah has a pen. Her pen is red."

 perhatikan yang bercetak tebal di atas, itu adalah cara menggunakan possessive adjectives.

Possessive Pronouns

Memiliki fungsi yang sama dengan possessive adjective, namun possessive pronouns tidak perlu menyebutkan lagi benda yang dimiliki. contohnya seperti ini,

"Buku merah itu punya Sarah, yang biru punya saya."

dalam bahasa inggris akan seperti ini,

"That red book is Sarah's, and the blue one is mine."

Pada contoh di atas, kata "book" tidak lagi diucapkan setelah tanda koma (,).

Reflexive Pronouns

Menurut Wall Street English, reflexive pronouns digunakan ketika subjek dan objek merupakan orang atau benda yang sama.

contohnya,

"Sarah mengerjakan tugas rumahnya sendiri."

dalam bahasa inggris maka seperti ini,

"Sarah did her homework by herself."

Penutup

Oke sekian dulu pembahasan Pronouns ini. Cukup panjang pembahasan kali ini, tapi saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempersingkat agar tidak terlalu membosankan. Terimakasih sudah menyimak dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar di bawah dan juga bisa memberikan saran dan kritik. Terimakasih sekali lagi, sukses selalu.

 

Post a Comment for "Pronouns, Apa itu Pronouns Dan Jenis Pronouns"