Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

What is Simple Past Tense




 Simple Past Tense

Belajar Bahasa Inggris - Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh Hallo teman-teman pelajar bahasa inggris, bagaimana kabar kalian? lama ya tidak ada update dari blog ini, tapi semoga kalian semua baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala, aamiin. Di kesempatan ini, saya ingin membagi apa yang saya ketahui tentang Simple Past Tense nih, jadi buat teman-teman pelajar yang merasa kesulitan dalam memahami simple past tense bisa disimak baik-baik tulisan di bawah ini ya. Yuk langsung aja kita gas pembahasan simple past tense!!! 
  • Apa sih Simple Past Tense itu?
Jadi, Simple past tense itu adalah aturan penyusunan sebuah kalimat yang kejadiannya sudah selesai di masa lalu. 

Dalam kalimat past tense, dijelaskan bahwa subjek sebuah kalimat melakukan kegiatan dimasa lalu, dan bisa juga menginformasikan siapa subjek pada masa lalunya. 

Oke, agar lebih mudahnya kita lihat contoh dan penjelasan dari contohnya. Yuk 😉

Contoh Pertama: 

"I slept late last night."

Contoh kedua:

"Last year, he was a football manager."

Pada contoh pertama, kalimat tersebut berisi informasi tentang apa pekerjaan (slept V2 dari sleep) yang dikerjakan, bagaimana dia melakukannya (late), dan kapan waktu dikerjakannya (last night).

Di contoh kedua, kalimat ini berisi informasi tentang sebagai apa/pekerjaan subjek (a football manager)  pada masa lalu (last year).

Jika diperhatikan, pola kalimat past tense pada kedua contoh kalimat diatas adalah sebagai berikut

1. I (subject) + slept (verb 2) + late last night (complement)

2. Last year (complement), + he (subject) + was  (verb 2) + a football manager (complement)

Bagi teman-teman yang masih baru mempelajari mungkin akan terasa sedikit membingungkan dan sedikit membuat frustasi dalam mempelajari past tense atau tenses secara keseluruhan, maka sebaiknya mempelajari tenses dengan perlahan dan kesabaran dan juga perlu fokus yang mantap. Hehehe

Simple past tense

image above by : Debby Hudson

https://unsplash.com/photos/asviIGR3CPE?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

 

Was vs were

Sering juga nih teman-teman menjadi bingung untuk menggunakan was atau were. Simple ya seperti ini, jika subjeknya berjumlah 1 maka kita guanakan was dan jika subjek ada lebih dari 1 maka kita gunakan were. Dan ada juga kondisi yang sudah paten (kecuali dalam kondisi tertentu) yaitu seperti berikut ini

1. Pengandaian (if clause)

"If I were a frog, . . . . ." 

Pada kalimat di atas, kita menggunakan"were" meskipun subjek pada kalimat itu "I", kenapa? Karena kalimat itu adalah kalimat pengandaian yang kemungkinan terjadinya tidak mungkin untuk terjadi. Karena tidak mungkin manusia menjadi katak hehehe.untuk lebih jelasnya akan kita bahas pada postingan tersendiri mengenai if clause ini.

2. Subjective Pronouns

Keterangan Waktu Pada Simple Past Tense
Pada Simple Past Tense, keterangan waktu sudah pasti menggunakan kata yang menerangkan bahwa kejadiannya sudah lewat/selesai di waktu lalu. Contohnya adalah sebagai berikut:
  • Last night, last week, last month, last year
  • Yesterday
  •  Two days ago, a month ago, long time ago
  • e.t.c

Kesimpulan

Setelah dijelaskan di atas, kita bisa simpulkan bahwa simple past tense adalah aturan membuat kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang lalu.

 

Baik, sampai disini dulu teman-teman pelajar. Jika ada hal yang kurang bisa dipahami silahkan tanyakan di kolom komentar yang telah disediakan. Saya akan dengan senang hati membantu menjelaskannya. terimakasih.




Post a Comment for "What is Simple Past Tense"