Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Types of Tenses dalam Bahasa Inggris Mudah

Contoh Types of Tenses

Types of Tenses

Menguasai 16 Tenses Cepat
Seperti pada bagan di atas, tenses memiliki 3 induk utama, yakni Past, Present, dan Future. Dari ketiga induk tenses ini akan ada turunannya sehingga jumlah tenses yang dipelajari berjumlah 16 tenses. Berikut ini ada penjelasan tenses induknya yaitu past, present, dan future.

Present Tense

Present tense / Simple present tense adalah tenses yang digunakan dalam kalimat yang menyatakan sebuah fakta atau juga kegiatan yang sering dilakukan/ berulang-ulang (hobi/ kebiasaan). Pada present tense, kalimat dibangun dengan hanya 2 komponen utama, yakni subjek dan predikat. Dalam bahasa inggris kita sebut dengan Subject + Verb 1. Contohnya adalah:

  1. I do.
  2. She does.
  3. You are.
  4. We are.
keempat contoh kalimat di atas sudah menjadi kalimat present tense. Tapi jika kita hanya menulis itu tanpa ada tambahan (pelengkap) kata lain maka akan menjadi kurang jelas maksudnya. Kalimat-kalimat itu akan menjadi jelas jika ada kalimat lain sebelumnya. contoh:
  1. "Who wants to be a billionaire?", asked him. "I do", I replied.
  2. "Am I your friend?", "you are!"
selain dengan kalimat, present tense juga bisa diperjelas maknanya dengan object dan compliment (pelengkap). contohnya:
  1. I am George.
  2. I eat banana.
  3. She is beautiful.
  4. We are the champion.
  5. He is a good student.
untuk yang berwarna biru itu adalah subject+verb sedangkan yang berwarna merah adalah object atau compliment. Pada kalimat "I eat Banana." , kata "I" berperan sebagai subject dan "eat" sebagai verb, sedangkan kata "banana" berperan sebagai object

Past Tense

Simple present tense adalah tenses yang digunakan untuk kegiatan yang telah berlalu. Biasanya ditandai dengan keterangan waktu yang telah lalu, seperti yesterday, two years ago, long time ago, last year/ last month, dan banyak lagi. Simak contoh berikut ini!
  1. Two years ago, I was a musician.
  2. She was here yesterday.
  3. I called you last night.
  4. You were the best player last month.
  5. They broke their promises.
hampir sama dengan past tense, hanya saja komponen kedua dari past tense adalah kata kerja kedua (verb 2). Perhatikan contoh nomor 3! "I called you last night.", kata "called" disitu merupakan verb 2 dari kata "call" yang mengalami perubahan kata dengan mendapatkan tambahan akhiran "-ed". Apakah semua verb mendapatkan akhiran yang sama pada verb 2? Jawabannya TIDAK! Ada Reguller Verb dan Irreguler Verb. Yang mendapatkan tambahan "ed" adalah Reguler verb sedangkan Irreguler verb mengalami perubahan yang acak atau bahkan bisa tidak mengalami perubahan. contoh Regular Verb dan Irregular Verb:

Verb

Regular Verb

Irregular Verb

Verb 1

STUDY

EAT

Verb 2

STUDIED

ATE

Verb 3

STUDIED

EATEN

table di atas menunjukkan perubahan kata yang dialami oleh kata "Study" dan kata "Eat". Keduanya merupakan kata kerja yang mana bisa mengalami perubahan tergantung dari penggunaan tenses yang sedang digunakan. Pada kata "Study" perubahannya hanya dengan menambahkan "-ed" pada akhir kata dan mengganti huruf "y" dengan "i". Sedangkan pada kata "Eat", terjadi perubahan kata, dari 'Eat" menjadi "Ate" dan bahkan pada verb 3 menjadi "Eaten". Perubahan pada kata "Eat" ini disebut dengan perubahan Irregular Verb. Banyak sekali contoh dari Regular dan Irregular verb, teman-teman bisa menemukannya di kamus, biasanya terletak di bagian tengah kamus (walaupun tidak semua kamus terdapat regular dan irregular verb hehehe). 

Future Tense

Simple Future Tense merupakan tenses yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan dilaksanakan. Biasanya bersifat seperti rencana. Kalimat future tense mendapatkan tambahan kata "will" pada komponen utamanya jadi seperti ini;
"Subject + will + verb 1"

okay langsung saja ke contoh kalimatnya!

  1. She will come tonight.
  2. Tomorrow, my father will call us.
  3. I will finish my study next year.
  4. You will be the next idol.
  5. He will get a good score on a test.
semua kegiatan pada kalimat ini belum terjadi ketika diucapkan, misalkan, "I will finish my study next year." dalam kalimat ini kita mendapatkan 2 informasi bahwa si "I" di kalimat ini belum menyelesaikan "study"nya ditahun ini, dan (mungkin) dia akan menyelesaikannya di tahun depan. Kenapa mungkin? karena ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi proses penyelesaian study nya. Kalimat future belum tentu terjadi. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

Baiklah sampai disini dulu ya pembahasan kita. Pada pembahasan berikutnya kita akan memecah lagi present tense menjadi 
  1. Present Continuous/Progressive Tense
  2. Present Perfect Tense
  3. Present Perfect continuous Tense
Jika ada hal yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan pada kolom komentar ya! terimakasih. Semoga Sukses!

2 comments for "Contoh Types of Tenses dalam Bahasa Inggris Mudah"

  1. Mas,, salam satu hobby mas, cuman sy baru belajar, blog ini sudah berapa lama ya mas?
    diblog saya juga bikin artikel bhs inggris juga, hehe sama kaya disini. cuman belum pernah daftar adsense dari dulu. mas nya hebat sdh makai adsense ya. mantul mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mulai blog ini baru satu bulan terakhir, sekitar pertengahan Agustus. Diapprove sekitar 3 atau 4 hari yang lalu untuk adsense. coba saja daftarkan blognya keadsense

      Delete

Berlangganan via Email