Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Tenses Turunan Present Tense Dalam Bahasa Inggris

Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, dan Present Perfect Continuous Tense

Present Tense

Verb

Teman-teman tau gak nih kalo kata kerja yang digunakan dalam kalimat-kalimat berbahasa inggris itu dipengaruhi oleh waktu dalam penggunannya? Waktu dalam bahasa inggris itu dibagi menjadi 3, yaitu past, present, dan future. Jika kata kerja digunakan dalam kalimat dengan waktu past, maka kata kerjanya adalah verb 2, sedangkan present menggunakan verb 1, dan jika future menggunakan kata kerja bantu "will" dan juga ditambahkan verb 1. Contoh sederhananya seperti ini:
Past      : I did. (saya melakukannya. (di waktu yang lalu, seperti : kemarin, tadi malam, bulan lalu, dll.))
Present  : I do. (saya melakukannya. (di saat ini))
Future  : I will do. (saya akan melakukannya. (di waktu yang akan datang))
kata kerja (verb) yang di gunakan adalah "do". Verb 2 dari "do" adalah "did".

Present Tense

Sebenarnya, saya sudah sedikit membahas tentang present tense di halaman Contoh Types of Tenses Dalam Bahasa Inggris Mudah Silahkan disimak dengan baik ya. Di halaman itu pun sudah ada contoh-contoh present tense.

Turunan Present Tense

Sebenarnya saya gak yakin menggunakan kata "Turunan" sih hehe. Tapi karena maknanya cukup mewakili jadi ya saya gunakan. Kenapa saya gunakan kata "Turunan" karena Present Tense merupakan induk dari ketiga tenses berikut yaitu, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, dan Present Perfect Continuous Tense. Berikut penjelasannya

Present Continuous Tense

Tenses yang satu ini adalah tenses yang menyatakan bahwa kegiatan sedang dilakukan pada saat yang sama dengan pengucapannya. misalkan, "Saya sedang mengetik." karena memang di saat kalimat itu dibuat, saya sedang mengetik untuk materi blog ini. Jika dalam bahasa inggris, maka kalimatnya akan seperti ini, "I am typing." Jika teman-teman perhatikan ada penambahan suffix "-ing". Sekedar untuk teman-teman tau bahwa "suffix" adalah imbuhan yang ditempatkan di belakang kata, sedangkan untuk imbuhan di depan kata adalah "prefix". Penambahan suffix "-ing" pada kata type, menghilangkan huruf "-e" dan menggantinya dengan "-ing" menjadi "typing". Sebagai catatan pengurangan huruf ini tidak berlaku untuk semua verb ya! 
Oke fokus lagi ke Present Continuous Tense. Continuous punya nama lain juga yaitu progressive. Gak ada bedanya. 
Sayangnya, biasanya tenses itu pasti diajarkan dengan memberikan rumus kayak "s+to be+verb+ing" ya gak salah sih, cuma sebaiknya ditekankan ke pemahaman tentang fungsi Tenses itu sendiri. Karena pengalaman saya sewaktu belajar di sekolah ya gitu, diajarinnya rumus terus, bisa sih pas buat kalimat, tapi gak tau fungsi kalimat itu. Kan bahaya yah pas ujian ada fill in the blank test. Pasti kebalik-balik. 
Saya beri contoh kalimat Present Continuous Tense dalam kehidupan sehari-hari supaya lebih mudah untuk dipahami.
  1. I am listening to music.
  2. my mom calls me when I am watching TV.
  3. When my father come, my mom and I are having dinner.
  4. I am singing a song.
  5. She is swimming in the pool.
  6. He is driving right now.
  7. We are waiting a bus.
  8. You are reading this blog.
  9. They are queuing for a burger.

Present Perfect Tense

Present perfect tense merupakan salah satu tenses yang cukup membingungkan. Kenapa? karena tenses ini memiliki kemiripan dengan past tense. Sewaktu belajar, dosen pengajar saya pernah mengatakan bahwa present perfect tense itu digunakan ketika kegiatannya baru saja diselesaikan dan menimbulkan efek. Tanpa bermaksud apapun, saya tidak memahaminya. Tapi dengan berjalannya waktu saya memperhatikan bermacam kalimat-kalimat present perfect tense pada film dan lainnya, ternyata ada perbedaan yang cukup mencolok dari translate-nya, yakni terdapat kata "sudah/telah" pada translate kalimat present perfect tense, sedangkan pada past tense tidak ada. contoh:
Present perfect tense:
  1. I have finished my lunch. (saya sudah menghabiskan makan siang.)
  2. I have watched it several times. (saya sudah menonton ini beberapa kali.)
Past tense:
  1. I watched that movie last night. (saya menonton film itu tadi malam.)
  2. I came late to the class this morning. (saya datang terlambat pagi ini.)
yang ingin saya sampaikan adalah, karena kita orang Indonesia, maka kita akan berbicara seperti orang Indonesia walau dalam bahasa apapun. Kita akan memproses kalimat seperti kita memproses kalimat dalam bahasa Indonesia. Maka, jika teman-teman ingin mengucapkan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris yang mengandung kata "sudah" sebelum "kata kerja", maka gunakanlah Present Perfect Tense! cukup simple kan? haha
Present perfect tense biasa digunakan dalam kalimat yang menyatakan berapa banyak pekerjaan itu dilakukan, seperti pada contoh nomor 2, dan juga pekerjaan yang telah diselesaikan tanpa perlu menjelaskan kapan pekerjaan itu diselesaikan, seperti pada contoh nomor 1. Berikut ini adalah contoh kalimat present perfect tense:
  1. I have done it before. 
  2. She has got here first before me.
  3. We have been to Bali three times.
  4. You have seen it before.
  5. He has fixed his phone several times.
jika diperhatikan, dalam present perfect tense menggunakan "have/has" dan diikuti dengan kata kerja ke 3 (verb 3). "Have" digunakan untuk "I, You, We, They" dan juga ketika subject lebih dari satu orang/benda, sedangkan "Has" digunakan untuk "He, She, It". 

Present Perfect Continuous Tense

Untuk yang satu ini seperti pada namanya, yaitu present perfect continuous tense yang berarti penggabungan kedua tenses sebelumnya. Maksudnya, present perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan dalam kalimat yang kegiatannya sudah dimulai pada beberapa saat yang lalu/ pada waktu yang lama dan masih berlangsung sampai saat ini. contohnya adalah saat teman-teman membaca blog ini, teman-teman membaca blog ini dari beberapa menit yang lalu dan sampai saat ini masih membacanya dan masih berlanjut sampai beberapa saat. Mudah dipahami kan? contoh kalimatnya adalah seperti di bawah ini:
  1. I have been standing here for two hours.
  2. She has been sleeping all day long.
  3. We have been waiting a bus for twenty minutes long.
pada contoh nomor 1, kalimat itu menyatakan bahwa dia sudah berdiri selama 2 jam dan masih akan berdiri beberapa waktu lagi disana. Dalam kalimat present perfect tense, cukup gabungkan saja present perfect dan continuous tense, maka akan seperti ini "have/has + been +verb+ing". kenapa/ apa itu "been"? "been" merupakan bentuk ketiga dari "to be" karena present perfect selalu diikuti dengan verb3, dan karena ini juga diikuti oleh continuous maka setelahnya dilanjutkan dengan "verb+ing". Cukup simple ya hehehe

Baiklah cukup untuk pembahasan ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga pembahasan ini cukup mudah untuk dipahami dan menarik untuk diikuti. Salam Sukses untuk kita semua. Terimakasih banyak sudah mengunjungi blog ini.

Post a Comment for "Contoh Tenses Turunan Present Tense Dalam Bahasa Inggris"

Berlangganan via Email